Evaluasi Efektivitas Pelatihan Resusitasi Jantung Paru (RJP) pada Siswa Lulusan SMA di Pusdikes Kramat Jati: Dampaknya terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Praktis


DOI:
https://doi.org/10.37063/jurnalantaraabdimaskeperawatan.v8i2.408Keywords:
Resusitasi Jantung Paru, pelatihan, pengetahuan, keterampilanAbstract
Pelatihan Resusitasi Jantung Paru (RJP) merupakan keterampilan dasar penyelamatan nyawa yang penting diajarkan kepada masyarakat umum, termasuk generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan RJP terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan praktis siswa lulusan SMA yang mengikuti pelatihan di Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikes) Kramat Jati. Metode penelitian menggunakan desain pre-experimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel terdiri atas 60 peserta pelatihan yang dipilih secara purposive. Data pengetahuan dikumpulkan menggunakan kuesioner terstandar, sedangkan keterampilan diukur melalui checklist observasi berdasarkan pedoman American Heart Association (AHA, 2020). Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan signifikan pada skor rata-rata pengetahuan dari 65,4 menjadi 89,6 (p < 0,001) dan keterampilan dari 58,7 menjadi 91,2 (p < 0,001). Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan RJP di Pusdikes Kramat Jati efektif dalam meningkatkan kompetensi dasar penyelamatan jantung paru pada peserta. Implementasi pelatihan serupa secara berkala disarankan untuk memperluas jangkauan edukasi kegawatdaruratan di kalangan masyarakat muda.
Downloads
References
American Heart Association (AHA). (2020). Highlights of the 2020 American Heart Association Guidelines for CPR and ECC.
Andersen, P. O., et al. (2023). Community-based CPR training and its impact on bystander intervention in out-of-hospital cardiac arrest. Resuscitation Journal, 189, 110–118.
Fitri Y. E., Andhini, D., Effendi, Z., & Handayani, S. (2023). Kemauan Bertindak dalam Resusitasi Jantung Paru pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 5101. https://doi.org/10.31539/jks.v6i2.5101
Fitriani, N., Rahmawati, D., & Suryani, E. (2023). Efektivitas Pelatihan Resusitasi Jantung Paru terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 18(2), 97–106.
Handayani, R., Putra, A., & Lestari, W. (2024). Long-term retention of CPR skills among young adults after basic life support training. Nursing Education Today, 137, 106–118.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pelatihan Dasar Bantuan Hidup Dasar bagi Masyarakat Umum. Jakarta: Direktorat Kesehatan Darurat.
Lee, J., Kim, Y., & Park, H. (2021). Short-duration CPR training improves skill acquisition among adolescents: A quasi-experimental study. International Journal of Nursing Studies, 117, 103–121.
Nugroho, A., & Sari, W. (2021). Pengaruh Kualitas Instruktur terhadap Keberhasilan Pelatihan RJP. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 45–53.
Rahmadani, T., Syahrul, Y., & Dewi, L. (2022). The Effectiveness of Manikin Feedback Simulation in Improving CPR Performance. BMC Nursing, 21(1), 327–334.
Scandinavian Journal of Trauma, Resuscitation and Emergency Medicine. (2012). Basic life support skills of high school students before and after cardiopulmonary resuscitation training: a longitudinal investigation. Scandinavian Journal of Trauma, Resuscitation and Emergency Medicine, 20, Article 31. https://doi.org/10.1186/1757-7241-20-31
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Antara Abdimas Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.