Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Rawat Inap di Kelas I II III


Abstract Views : 9   PDF Downloads : 12

Authors

  • Dede Sri Mulyana STIKes Abdi Nusantara Jakarta Author
  • Arisman Vebtinus Ndruru STIKes Abdi Nusantara Jakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.37063/jurnalantarakeperawatan.v1i1.11

Keywords:

Kepuasan Pasien, Kinerja Perawat

Abstract

Kepuasan merupakan ungkapan perasaan senang atau kecewa seseorang dari hasil perbandingan antara prestasi atau produk yang dirasakan dengan yang diharapkan. Untuk mengetahui hubungan kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien di RS Sukmul Sisma Medika. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah sampel 35 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Analisis univariat dalam penelitian ini adalah kinerja perawat dan tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden puas sebanyak 26 responden (74,3%). Mayoritas responden yang memiliki kinerja baik sebanyak 18 responden (51,4%). Hasil uji chi square dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien dengan nilai P value sebesar 0,007. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi kajian lebih lanjut bagi institusi dan profesi terkait dalam pembuatan program termasuk supervisi dan pendengaran melalui pelatihan kepada perawat tentang pelayanan perawat untuk kepuasan pasien khususnya.

References

Anjariani Diah Wike.(2009). Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayan perawat di RSUD tugerejo semarang. Filetype. pdf, Journal. Unduh 25 februari

Asmadi.2008.Konsep dasar Keperawatan ,Jakarta: EGC

Asmuji.2013. Manajemen keperawatan:Konsep dan aplikasi,Jogjakarta: Arruzz Medika

Azwar.2007. menjaga mutu pelayanan kesehatan aplikasi prinsip,lingkaran pemecahan masalah.jakarta: pustaka sinar harapan

Faiqoh.2010,Hubungan Jadwal dinas kerja dengan faktor stress.lamongan jurnal. vol.03

Hasibuan.2002.Manajemen sumber daya manusia, jakarta: Bumi aksara Hermanto.2010.Pengaruh sepsi mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD dr.H Soemarno Kalimantan timur. Available From; eprint.undip.ac.id/234741/I/dadang hermanto.PDF

Hidayat.2009.Metode penelitian keperawatan dan tehnik Analis data.jakrta: salemba medika

Hidayat.2011.Metodologi Penelitian.jakarta:Salemba Medika Kotler.2007.manajemen pemasaran, jilid 2.edisi R,PT indeks,New jersey

Kusmanto.2003.Profesi dan praktik keperawatan rofesional.Jakarta: EGC

Leni,Fitia.2017. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Rachma Husada Batul. Yogyakarta: STIKES JENDRAL AHMAD YANI

Maryanti.2011.Pembelajaranmandiri,ttp: pelangipsikologi. wordpress.com/ 2011/12/02/embelajaran-mandiri/

Nursalam.2004. pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: salemba medika

Nursalam. 2002. Manajemen kepearwatn,aplikasi dalam praktik keperawatan profesional.Jakarta: Salemba Medika

Nursalam.2016.Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan dalam skripsi,tesis, dan instrumen penelitian keperawatan Edisi 2.Jakarta: salemba Medika

Pohan.2006.jaminan mutu layanan kesehatan dasar dasar pengertian dan penerapan. jakarta: EGC

Pohan.I.S.2012 Jaminan Mutu layanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit EGC

Downloads

Published

30-04-2020

How to Cite

Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Rawat Inap di Kelas I II III. (2020). Jurnal Antara Keperawatan, 1(1), 48-53. https://doi.org/10.37063/jurnalantarakeperawatan.v1i1.11