Hubungan Fasilitas Belajar dan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Online pada Siswa Asisten Keperawatan


DOI:
https://doi.org/10.37063/jurnalantarakeperawatan.v2i1.171Keywords:
Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Dukungan KeluargaAbstract
Setiap orang memiliki tingkat kemauan atau motivasi yang berbeda, memiliki alasan yang berkaitan langsung dengan suatu kebutuhan orang tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Artinya, makin besar suatu kebutuhan seseorang maka akan semakin besar pula dorongan/kemauan dari dalam diri seseorang guna melakukan apa yang di inginkannya. Motivasi belajar sangatlah penting untuk mengukur ketertarikan para siswa dalam memilih suatu tempat belajar yang diharapkan sesuai dengan minatnya. Berdasarkan studi pendahuluan bahwa terdapat 6 dari 10 siswa yang mengungkapkan bahwa kurang termotivasi dalam belajar karena fasilitas belajar dan dukungan keluarga yang kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas dan dukungan keluarga dengan motivasi belajar online siswa Asisten Keperawatan SMK Mitra Bakti Husada Bekasi, dengan populasi berjumlah 113 siswa dan sampel berjumlah 54 siswa yang dihitung menggunakan rumus slovin. Penelitian dilakukan dengan pendekatan analitik kuantitatif dengan desain studi crosssectional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara fasilitas belajar dengan motivasi belajar online siswa dengan p value 0,035 dan adanya hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar online siswa dengan p value 0,003. Penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan antara fasilitas belajar dan dukungan keluarga dengan motivasi belajar online siswa.
References
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Dayana, Indri & Marbun, J. (2018). Motivasi Kehidupan. Guepedia.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lanatanida Journal, 5.
Friedman, M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset, Teori dan Praktik. EGC.
Handarini. OI & Wulandari, S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (PJAP).
Kurniawaty, Imas; Faiz, Aiman; Yustika, M. (2021). Pemberian Motivasi Belajar pada Anak Melalui Peran Orang Tua. Jurnal Basicedu, 6.
Mudrikah, S. dkk. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah: Teori dan Implementasi. Pradina Pustaka.
Munirah, Farah; Susanti, S. S. F. (2021). Hubungan Dukungan keluarga Dengan Motivasi Belajar Daring Pada Mahasiswa. JIM FKep, V.
Muslim. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Anak Dalam Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam (1st ed.). CV Budi Utama.
Pratiwi, N., Wildan, W., Loka, I. N., & Muntari, M. (2021). Hubungan antara Penggunaan Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar Kimia pada Era Wabah Covid-19. Chemistry Education Practice, 4.
Priastuti, A. W., & Slamet, H. W. (2016). Dukungan Fasilitas dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMP. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Rahayu, D. S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2.
Sajidah, N. A. (2021). Motivassi Belajar Ditinjau dari Dukungan Keluarga dan School Well-Being. Psychopheedia Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 6.
Sari, D. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa. Jurnal Online Universitas PGRI Palembang.
Sopiatin, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Rineka Cipta.
Sutiah. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Dibidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Werdayanti, A. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar DI Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Antara Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.