Hubungan Kinerja Petugas Kesehatan Posyandu Lansia dengan Tingkat Kepuasan Lansia di Posyandu Lansia Desa Sumare Wilayah Kerja Puskesmas Rangas


Abstract Views : 38   PDF Downloads : 58

Authors

  • La Ode Nuh Salam Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju Author
  • Musdalifah Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju Author
  • Andi Kamal S Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju Author
  • Kiki Uniatri Thalib Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju Author

DOI:

https://doi.org/10.37063/jurnalantarakeperawatan.v3i1.270

Keywords:

Kinerja, Perawat, Kaader, Posyandu Lansia, Lansia dan Kepuasan

Abstract

Salah satu bentuk program Puskesmas yang melibatkan peran serta masyarakat adalah pos pelayanan terpadu (POSYANDU) Lansia. Beberapa pelayanan kesehatan posyandu lansia meliputi sistim pelayanan lima meja, yaitu Meja I: pendaftaran dan pencatatan lansia;  Meja II: penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, Pengisian KMS; Meja III : pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan status mental, Meja IV : pemeriksaan air seni dan kadar darah (Laboratorium sederhana; Meja V : pelayanan kesehatan dan penyuluhan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang di laksanakan dengan  rancangan cross sectional yang dilaksanakan pada Posyandu Lansia Desa Sumare Wilayah Kerja Puskesmas Rangas Kabupaten Mamuju. Populasi penelitiam ini adalah semua pengunjung posyandu lansia yang tercatat sebagai anggota Posyandu Lansia Desa Sumare Wilayah Kerja Puskesmas Rangas Kabupaten Mamuju yang berjumlah 310 0rang. Metode pengambilan sample pada penelitian ini adalah Purposive  sampling. Berdasarkan uji statistik Spearman terdapat  hubungan  yang kuat  antara kinerja perawat dengan tingkat kepuasan lansia, dengan nilai p= 0,001, dan koefisien korelasi rho(ρ): 0,626; terdapat  hubungan   yang  kuat  antara kinerja kader  dengan tingkat kepuasan lansia, dengan nilai p= 0,001, dan koefisien korelasi rho(ρ): 0,673. Dengan demikian maka Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara kinerja petugas posyandu lansia dengan tingkat kepuasan lansia.

References

Alma B., (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alpha Beta, Bandung.

Asad M., (2011).Psikologi Industri, Liberti, Yogyakarta;

Azwar S., (2018), Sikap Manusia, Penerbit Pustaka Pelajar, Yokyakarta.

BKKBN, (2019). Pedoman Kerja Lapangan Keluarga Berencana dan Posyandu, BKKBN, Jakarta.

Depkes R.I., (2019). Peran Serta Masyarakat dalam Pelaksanaan Posyandu, Depkes R.I., Jakarta.

Depkes R.I., (2017). Pedoman Pelaksanaan Posyandu Lansia, Depkes R.I., Jakarta

Effendy N. (2008). Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat, Buku Kedokteran, EGC. Jakarta.

Gillies D.A., (2009). Nursing Manajemen, W.B. Souders Company, Phyladelphia.

Gibson et. Al. (2006). Organization behaviour structure process bussines, publication inc. USA

Gomes F.C.,(2010), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 1, Andi Offset, Yogyakarta

Greenberg J.B., (2013), Behaviour in Organization; Understanding and Managing the Human Side Of Work, Fourth Editions, Allyn and Bacon, Boston.

Hart H.R., Belsey A.M, Tarimo E., (2018). Pemanduan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak dengan Pemeliharaan kesehatan Dasar, Binarupa aksara, Jakarta.

Kotler P., (2007). Marketing Manajement Prenhalindo- Jakarta.

Mangkunegara A.A., (2010) Manajemen Sumber Daya ManusiaPerusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mohan MC., (2009). Manajemen Keperawatan Pelayanan Primer, WHO

Notoatmodjo S.,(2015). Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

Nursalam., (2013). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta.

Richard F., Gerson. (2012) Mengukur Kepuasan pelanggan, penerbit PPM, Jakarta.

Soejadi., (2016). Organisasi dan Metode Penunjang Berhasilnya Proses Manajemen, PT Gunung Agung, Jakarta.

Sugiyono,(2016). Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Sudarmayanti (2011). Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja, Bandung: Mandar maju

Umar, Husein (2009), Riset Sumber Daya Manusia Organisasi, Pustaka Utama, Jakarta.

Wijono D., (2019). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Teori, Strategi dan Aplikasi . Airlangga University Press, Surabaya.

Watson R., (2013). Perawatan lansia, Penerbit Buku kedokteran-EGC, Jakarta.

Downloads

Published

30-04-2022

How to Cite

Hubungan Kinerja Petugas Kesehatan Posyandu Lansia dengan Tingkat Kepuasan Lansia di Posyandu Lansia Desa Sumare Wilayah Kerja Puskesmas Rangas. (2022). Jurnal Antara Keperawatan, 3(1), 409-414. https://doi.org/10.37063/jurnalantarakeperawatan.v3i1.270