Evaluasi Lama Penggunaan Gadget terhadap Ketajaman Penglihatan pada Anak SD Di Era Pandemi Covid-19


DOI:
https://doi.org/10.37063/jurnalantarakeperawatan.v1i3.30Keywords:
Anak, Penggunaan Gadged, Penurunan Ketajaman MataAbstract
Gadget tidak hanya sekedar dijadikan media hiburan tetapi wajib digunakan oleh orang-orang yang memiliki kepentingan bisnis, atau pengerjaan tugas kuliah dan kantor. Faktanya gadget tak hanya digunakan oleh orang dewasa atau lanjut usia (22 tahun keatas), anak sekolah (12-21 tahun), tapi pada anak- anak (7-11 tahun), dan lebih ironisnya lagi gadget digunakan untuk anak usia (3-6 tahun) yang seharusnya belum layak untuk menggunakan gadget. Gangguan terhadap kualitas ketajaman penglihatan sering terjadi khususnya berkaitan dengan lama penggunaan gadget serta jarak pandang terhadap gadget. Menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan gangguan penglihatan pada anak usia 9 tahun kelas III yang bersekolah di SD Negeri Jatikramat V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi korelasi. Sebagian besar pemakaian gadged responden pada kategori tinggi sebanyak 23 responden (69.7%). Sebagian besar gangguan penglihatan responden dalam kategori Miopia sebanyak 26 responden (78.8%). Ada hubungan antara tingkat pemakaian gadged dengan gangguan penglihatan pada anak di SD Negeri Jatikramat V dengan p- value sebesar 0.008 dan OR = 10.500.
References
Ernawati W., 2015. Pengaruh Penggunaan gadget terhadap penurunan tajam penglihatan pada anak usia sekolah (6-12 tahun) di SD Muhammadiyah 2 Pontianakselatan.[Jurnal].[Pontianak[. Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura.
Hartono.,R. 2014. ISPA Gangguan Pernafasan pada Anak. Yogyakarta: Nuha Medika
Ilyas, Sidarta, 2012, teknik-teknik pemeriksaan dalam ilmu penyakit mata edisi 4, badan penerbit: FKUI, Jakarta.
Notoatmodjo S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; Riyanto A. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakrta: Nuha Medika
Sugiyono, 2010. Kumpulan Instrumen Penelitian Kesehatan., Yogyakarta
NuhaMedika Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta.
Suherman, 2012, Buku Saku Perkembangan Anak, Jakarta: ECG.
Wawan. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika
Wijayanigsih KS. 2013. Asuhan Keperawatan Anak. Jakarta: Trans Info Media
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Antara Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.