PEMBERDAYAAN IBU BALITA DALAM KELAS IBU BALITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMANTAUAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA


DOI:
https://doi.org/10.37063/jurnalantaraabdimaskeperawatan.v7i2.384Keywords:
ibu balita, perkembangan balita, pemantauan pertumbuhanAbstract
Pendahuluan : Kualitas seorang anak dapat dinilai dari
proses tumbuh kembangnya. Proses pertumbuhan dan
perkembangan merupakan hasil interaksi antara faktor
genetik dan lingkungan faktor. Balita merupakan salah satu
populasi yang paling berisiko terhadap berbagai kesehatan
masalah. Ibu adalah orang yang paling dekat dengan anak
yang memberikan pengasuhan. Ibu harus dibekali dengan
pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk
merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak. Kualitas
pertumbuhan dan perkembangan anak sangat ditentukan
oleh pengasuhan keluarga khususnya orang tua. Ibu sangat
berperan dalam stimulasi dan deteksi dini perkembangan
penyimpangan.
Metode : Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah
penyuluhan kesehatan dengan memberikan pengetahuan
kepada ibu balita tentang pemantauan pertumbuhan dan
perkembangan balita.
Hasil : Hasilnya setelah ibu yang paling berdaya ibu (73,3)
memiliki pengetahuan baik dan sebagian besar ibu (80%)
memiliki keterampilan monitor yang baik pertumbuhan dan
perkembangan bayi.
Kesimpulan : Pemberdayaan ibu di kelas Ibu dapat
meningkat dari pengetahuan dan keterampilan kemampuan
memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi
Downloads
References
Alimul, Azis. 2015 . Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta:
Salemba Medika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Antara Abdimas Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.