PENGGUNAAN KARTU IDENTITAS (KIB) GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS JATIASIH


Abstract Views : 6   PDF Downloads : 19

Authors

  • Siti Anisah STIKES Abdi Nusantara Author
  • Kusnanto STIKES Abdi Nusantara Author
  • Mahyar Suara STIKES Abdi Nusantara Author

DOI:

https://doi.org/10.37063/jurnalantaraabdimaskeperawatan.v3i2.93

Keywords:

Kartu Induk Berobat, kualitas, pelayanan kesehatan

Abstract

Pendahuluan : Kartu Induk Berobat (KIB) merupakan “perangkat”
kesehatan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
Terutama untuk bagian Tempat Pendaftaran Pasien (TPP) Kartu ini akan
dapat berpengaruh terhadap kinerja petugas pendaftaran dalam melayani
masyarakat. Keberadaan KIB akan mempermudah petugas dalam
mendata pasien yang ingin berobat.

Metode : Karena melihat masalah tersebut, tim pengabdian kepada
masyarakat melakukan beberapa kegiatan untuk mengatasi masalah di
Puskesmas Jatiasih yang meliputi mendesain ulang KIB, membuat
banner tentang pentingnya KIB, dan penyuluhan kepada masyarakat
tentang fungsi dan manfaat KIB ketika berobat.

Hasil : Kegiatan yang dilakukan berhasil meningkatkan prasentase
kesadaran masyarakat terhadap pentingnya KIB yang awalnya hanya 4%
menjadi 56%. Dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membawa
KIB mulai meningkat karena adanya banner dan pamflet yang dipasang
disekitar Puskesma Jatiasih.

Kesimpulan : Peningkatan ini diharapkan dapat terus terjadi agar proses
pendaftaran pasien di Puskesmas Jatiasih menjadi semakin berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hatta, Gemala. R. 2013. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Disarana Pelayanan Kesehatan (Revisi 2).Jakarta: Universitas Indonesia

Downloads

Published

22-12-2020

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGGUNAAN KARTU IDENTITAS (KIB) GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS JATIASIH. (2020). Jurnal Antara Abdimas Keperawatan, 3(2), 46-51. https://doi.org/10.37063/jurnalantaraabdimaskeperawatan.v3i2.93