PENGGUNAAN KARTU IDENTITAS (KIB) GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS JATIASIH


DOI:
https://doi.org/10.37063/jurnalantaraabdimaskeperawatan.v3i2.93Keywords:
Kartu Induk Berobat, kualitas, pelayanan kesehatanAbstract
Pendahuluan : Kartu Induk Berobat (KIB) merupakan “perangkat”
kesehatan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
Terutama untuk bagian Tempat Pendaftaran Pasien (TPP) Kartu ini akan
dapat berpengaruh terhadap kinerja petugas pendaftaran dalam melayani
masyarakat. Keberadaan KIB akan mempermudah petugas dalam
mendata pasien yang ingin berobat.
Metode : Karena melihat masalah tersebut, tim pengabdian kepada
masyarakat melakukan beberapa kegiatan untuk mengatasi masalah di
Puskesmas Jatiasih yang meliputi mendesain ulang KIB, membuat
banner tentang pentingnya KIB, dan penyuluhan kepada masyarakat
tentang fungsi dan manfaat KIB ketika berobat.
Hasil : Kegiatan yang dilakukan berhasil meningkatkan prasentase
kesadaran masyarakat terhadap pentingnya KIB yang awalnya hanya 4%
menjadi 56%. Dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membawa
KIB mulai meningkat karena adanya banner dan pamflet yang dipasang
disekitar Puskesma Jatiasih.
Kesimpulan : Peningkatan ini diharapkan dapat terus terjadi agar proses
pendaftaran pasien di Puskesmas Jatiasih menjadi semakin berkualitas.
Downloads
References
Hatta, Gemala. R. 2013. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Disarana Pelayanan Kesehatan (Revisi 2).Jakarta: Universitas Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Antara Abdimas Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.