Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Pondok Gede Bekasi Tahun 2018


DOI:
https://doi.org/10.37063/jurnalantarakebidanan.v1i4.111Keywords:
Kepuasan, Pelayanan, Antenatal careAbstract
Hampir semua pelayanan klinik di Indonesia mempunyai penyakit yang sama, ada tujuh masalah yang sering dianggap remeh dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Hal ini terungkap dalam Lokakarya Orientasi Rencana Kerja Organisasi Pelaksana USAIO-Paket Kesehatan 2015. 80% permasalahan tersebut adalah antrian panjang, terbatasnya obat untuk pasien, dokter memberikan pelayanan dalam waktu satu menit, petugas klinik memberikan pelayanan yang tidak ramah, dan tidak tanggap. Berdasarkan penelitian terdahulu terhadap 10 orang ibu hamil di Klinik Podok Gede diperoleh hasil bahwa 80% pasien merasa puas, dan 20% pasien merasa tidak puas. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan antenatal care di poliklinik pondok gede bekasi tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode analitik dan desain cross sectional. Populasinya adalah seluruh ibu hamil yang datang ke Puskesmas Pondok Gede, Bekasi pada tanggal 10 – 12 April 2017. Sampel yang digunakan adalah 30 ibu hamil. Hasil analisis univariat menunjukkan 19 ibu (63,3%) merasa tidak puas. Hasil analisis bivariat yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan adalah kualitas tenaga kesehatan (p=0,000), komunikasi tenaga kesehatan (p=0,000), dan fasilitas kesehatan (p=0,000). Kualitas tenaga kesehatan, komunikasi tenaga kesehatan (bidan), dan fasilitas kesehatan berhubungan dengan kepuasan pelayanan antenatal. Semoga pimpinan klinik dapat memberikan penambahan tenaga kesehatan atau tenaga honorer, memberikan pelayanan prima kepada petugas, meningkatkan fasilitas kesehatan. Kemudian bidan diharapkan mengikuti pelatihan terkini dan mencoba menerapkan ilmu terkini agar bidan dapat berkompeten dan meningkatkan komunikasi dengan pasien.
References
Anggrita, S., Mardiatul, U. I., & Ramalinda, D. 2015. Asuhan Kebidanan pada Kehamilan. Bogor: IN MEDIA
Hardiyanti, U., Amir, Y. 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan Antenatal di Puskesmas Pattingalleang Kota Makasar, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin, Makasar
Kementrian Kesehatan RI. 2015. Buku Ajar Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta Selatan : Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan
Manuaba, G. 2014. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB. Jakarta : EGC
Muninjaya, G. 2012. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC 2012. Manajemen Kesehatan. Jakarta : EGC
Notoatmodjo, S. 2012 . Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Pohan, IS. 2013. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta : EGC
Prasetyo, Mahendro. 2016. Pengaruh Komunikasi Teraupetik Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Yogya
Prawirohardjo, S. 2014. Ilmu Kebidanan. Jakarta : PT Bina Pustaka
Purwanto, F. 2011. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : PT. Elex Media
Ranil, Manju. 2011. Differentials in The Quality of Antenatal Care in India, Journal for Quality in Health Care Intqhc. http : //intqhc.oxfordjournals.org
Reflita. 2010. Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Puskesmas. Ners Jurnal Keperawatan, VOL 6 No.2, Desember 2010
Rukiah, A. 2013. Asuhan Kebidanan Kehamilan. Jakarta : CV. Trans Info Media
Rohmah, Fathiyatur. 2010. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Antenatal Care Bidan Delima dan Bidan Bukan Delima di Kota Yogyakarta tahun 2010. STIKes Aisyiyah Yogyakarta
Syafrudin. 2016. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Andi
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, F. Chandra, G. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Antara Kebidanan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.