Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan 1 Mahasiswa Semester III Prodi DIII Kebidanan STIKes Abdi Nusantara Jakarta


Abstract Views : 28   PDF Downloads : 16

Authors

  • Novita STIKes Abdi Nusantara Author
  • Mariyani STIKes Abdi Nusantara Author

DOI:

https://doi.org/10.37063/jurnalantarakebidanan.v1i4.116

Keywords:

minat belajar, hasil belajar, mata kuliah, mahasiswa

Abstract

Kematian dan kesakitan ibu masih merupakan masalah kesehatan yang serius di negara berkembang. Menurut laporan WHO tahun 2014 Angka Kematian Ibu (AKI) di dunia yaitu 289.000 jiwa. Beberapa Negara masih memiliki AKI yang cukup tinggi seperti Afrika Aub-Saharian 179.000 jiwa, Asia Selatan 67.000 jiwa, dan Asia Tenggara 16.000 jiwa. Angka Kematian Ibu (AKI) di negara-negara Asia Tenggara yaitu Indonesia 190 jiwa per 100.000 kelahiran hidup, Vietnam 49 per 100.000 kelahiran hidup, Thailand 26 per 100.000 kelahiran hidup, Brunei 27 per 100.000 kelahiran hidup, dan Malaysia 29 per 100.000 kelahiran hidup. (WHO,2014). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. dari studi pendahuluan yang dilakukan dengan cara melihat hasil belajar mahasiswa tingkat II pada semester III, khususnya pada mata kuliah Asuhan Kebidanan I. Jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai A terdapat 1 orang, nilai B terdapat 12 mahasiswa, nilai C terdapat 31 mahasiswa dan nilai D terdapat 23 mahasiswa. Didapatkan hasil masih rendahnya pemahaman mahasiswi dalam mata kuliah Asuhan Kebidanan I. tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar mata kuliah Askeb 1 Mahasiswi Semester III Prodi D3 Kebidanan STIKes Abdi Nusantara Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian yang di lakukan adalah metode Kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, populasi pada penelitian ini adalah semua siswa tingkat II Program Studi Diploma III Kebidanan pada tahun 2018, yaitu 67 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian responden yang memiliki minat belajar tinggi mayoritas mendapatkan hasil belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan I dengan predikat A sebanyak 18 responden (82%). Hasil uji statistic dengan menggunakan uji chi square didapatkan p.value = 0,005 dimana p < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada hubungan yang bermakna antara minat belajar dengan hasil belajar Asuhan Kebidanan Dari hasil penelitian didapatkan adanya hubungan minat belajar dengan hasil belajar mata kuliah asuhan kebidanan 1 mahasiswi semester III Prodi DIII Kebidanan STIKes Abdi Nusantara Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

References

Baharudin, E. 2013. Model Pembelajaran Dengan Humanisti www.jurnal.upi.edu.com Diakses pada tanggal 6 Februari 2018.

Faadhilah, Astrisa. 2014. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan diFakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tanggerang. www.jurnal.upi.edu.com Diakses pada tanggal 6 Februari 2018.

Natanael, Y, dkk. 2013. Mahir Menggunakan SPSS Secara Otodidak. Jakarta:PT Elek Media Komputindo.

Notoatmodjo, Soekijo, 2012. Metodologi Penelitian Kesahatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam, 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawata. Salemba Medika: Jakarta.

Pusdiknas, Depdikbud RI. 2012. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia. Depdikbud RI: Jakarta.

Putri, N.K.S. Eka. 2011. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Kesiapan Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Askeb I Mahasiswa Semester II. DiAKBID Mitra Husada Karanganyar. www.perpustakaan.uns.ac.id Diakses pada tanggal 6 Februari 2018.

Rahmatika, S.Difta 2013. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Hasil Belajar Asuhan Persalinan II Mahasiswa Semester III Prodi DIV Bidan Pendidik STIKes AISYIYAH. www.jurnal.upi.edu.com Diakses pada tanggal 6 Februari 2018.

Sarwono, 2014. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Bina Pustaka Prawiharjo. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Rhineka Cipta: Jakarta.

Subini, Nini, dkk. 2012. Psikologi Pembelajaran. Menteri Pustaka:Yogyakarta.

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Graha Ilmu: Yogyakarta.Djamarah, 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

30-10-2018

How to Cite

Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan 1 Mahasiswa Semester III Prodi DIII Kebidanan STIKes Abdi Nusantara Jakarta. (2018). Jurnal Antara Kebidanan, 1(4), 272-279. https://doi.org/10.37063/jurnalantarakebidanan.v1i4.116