Hubungan Respon Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di RS Khusus Daerah Duren Sawit


Abstract Views : 15   PDF Downloads : 22

Authors

  • Kusnanto STIKes Abdi Nusantara Author

DOI:

https://doi.org/10.37063/jurnalantarakebidanan.v3i3.261

Keywords:

respon time, kepuasan

Abstract

Angka kunjungan pasien ke IGD mengalami peningkatan sekitar 30%. Berdasarkan data statistic NHS England (2018) di United Kingdom (2018), jumlah kunjungan pasien di IGD diperkirakan lebih dari 23,7 juta. Pada tahun 2019, jumlah pasien yang dirawat di IGD di Korea adalah 10.609.107, sedangkan di Indonesia jumlah kunjungan ke IGD sebesar 4.402.205 pasien (13,3%). Di DKI Jakarta pada tahun 2022 jumlah kunjungan IGD sebanyak 72%. IGD harus bisa memberikan pertolongan yang cepat dan tepat untuk keselamatan pasien yaitu dengan memberikan respon time ≤ 5 menit. Salah satu indikator penentu kepuasan pasien dan mutu layanan kesehatan di instalasi gawat darurat adalah respon time. Mengetahui hubungan respon time pelayanan instalasi gawat darurat dengan tingkat kepuasan pasien.

Metode Penelitian : Analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pasien IGD RS Khusus Daerah Duren Sawit Jakarta Timur pada bulan Desember 2023 sebanyak 75 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Distribusi frekuensi kepuasan pasien IGD sebagian besar responden mengatakan puas (69,3%) dan respon time pelayanan instalasi gawat darurat sebagian besar cepat (52,0%). Ada hubungan respon time pelayanan instalasi gawat darurat dengan tingkat kepuasan pasien (p. value 0,000). Ada hubungan respon time pelayanan instalasi gawat darurat dengan tingkat kepuasan pasien. Diharapkan tenaga kesehatan yang bertugas diruang IGD dapat meningkatkan pelayanan sesuai dengan standart rumah sakit untuk meningkatkan kepuasan pasien.

References

Hidayat, Ahsan, & Lestari. (2020). Respon time, waiting time and service quality in emergency department. Nternational Journal of Public Health Science (IJPHS), 9(3), 199–204.

Kotler, (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid I Edisi Kedelapan, Penerbit Erlagga, Jakarta

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, (2018), Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Mulugeta, Wagnew, & Dessie. (2019). Patient satisfaction with nursing care in Ethiopia: a systematic review and meta analysis. BMC Nursing Journal, 18(27).

Olabisi, OlamideDeji, Ayokunle, DadaaSamuel, Abidemi, & Solomona. (2021). Patients’ satisfaction with emergency care services in a University Teaching Hospital in South-West, Nigeria. African Journal of Emergency Medicine, 11(2), 321–324.

Permenkes. 2018. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Kegawatdaruratan. Jakarta.

Simandalahi, T. (2019). Hubungan ResponTime dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. Jurnal Kesehatan Mesen cephalon, 5, 127-132.

Subandi, A., & Noerjoedianto, D. (2021). Analisis Overcrowded di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Provinsi Jambi. PERSPEKTIF, 10 (2).

Salway, R.J., Valenzuela, R., Shoenberger, J.M., Mallon, W.K., & Viccellio, A. (2019). Emergency Department (Ed) Overcrowding: Evidence- Based Answers To Frequently Asked Question. Revista Médica Clínica Las Condes, 28(2).

Sugiono, Siti Khoiroh Muflihatin (2022). Hubungan Respon Time Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang IGD RSUD Abdul Wahab Sjahrani Samarinda. Borneo Student Research eISSN:2721-5725, Vol 3, No 2, 2022

Toni Akhirul , Nurul Fatwati Fitriana (2020). Hubungan Respon Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah September 2020

Jung, H.M. (2021). The Effect Of Overcrowding In Emergency Departments On The Admission Rate According To The Emergency Triage Level. Plos One.

Downloads

Published

31-07-2020

How to Cite

Hubungan Respon Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di RS Khusus Daerah Duren Sawit. (2020). Jurnal Antara Kebidanan, 3(3), 967-973. https://doi.org/10.37063/jurnalantarakebidanan.v3i3.261